Mencegah Email dari Hosting Masuk Ke Spam
Mencegah Email dari Hosting Masuk Ke Spam

Mencegah Email dari Hosting Masuk Ke Spam menggunakan SMTP, DKIM, SPF Records(Domain & Hosting)

Bagi beberapa hosting provider mungkin bawaannya akan menonaktifkan autentikasi layanan email-nya sehingga ini menyebabkan email yang dikirim dari hosting tersebut masuk ke folder SPAM/JUNK atau bahkan gagal terkirim. Email penerima akan melihat SPF records dari domain sebagai pengirim email didalam hosting tersebut hanya ingin memastikan jika email dikirim dari pengirim yang sungguhan.

Sebelum mengaktifkan DKIM & SPF, kamu bisa mengaktifkan / menggunakan SMTP terlebih dahulu. Pada beberapa kasus, ketika menggunakan EMAIL SMTP akan menghindari masuk ke folder SPAM penerima. Tapi SMTP bisa saja masuk ke folder SPAM. Jika setelah menggunakan SMTP tapi tetap masuk folder SPAM bisa lakukan cara dibawah untuk mengaktifkan DKIM dan SPF.

Baca : Viewen Hosting Unlimited Gratis

DKIM & SPF

Langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan hal ini adalah mengaktifkan Email Authentication DKIM dan SPF di hosting bersangkutan, jika menggunakan cPanel bisa lakukan cara berikut:

  • Masuk ke cPanel
  • Dibagian Email, pilih Authentication
  • Terdapat DKIM dan SPF, klik tombol Enable untuk mengaktifkan 2 fitur tersebut
  • Tidak perlu merubah apapun lagi jika tidak yakin, pastikan kotak All Entry (All) dan Overwrite Existing Entries dicentang dan klik Update untuk menyimpan perubahan

Selesai.

Pengertian DKIM & SPF

Apa itu DKIM ? Yaitu merupakan langkah memverifikasi incoming emails dan memastikan pesan tersebut dikirim dari pengirim yang seharusnya dari domain tersebut, ini akan menghindari folder SPAM.

Apa itu SPF ? Yaitu merupakan sistem yang dapat menentukan server & alamat IP yang terotorisasi mengirim email dari domain bersangkutan (yang ada di hosting tersebut), langkah ini akan menghindari outgoing mail yang dianggap SPAM.

Pada kolom Your Current RAW SPF Records secara otomatis akan menghasilkan record anti spam dari penyedia hosting, tanyakan pada provider jika ada kekeliruan.

Pada bagian Advanced Setting dibawahnya sebaiknya tidak melakukan perubahan apapun jika tidak yakin kecuali 2 kotak centang yang dijelaskan diatas.

Itulah langkah-langkah yang dapat menghindari SPAM folder dari pengiriman dan peneriman email dari domain bersangkutan, sudah melakukan cara diatas tapi masih masuk folder SPAM ?

Catatan: Perubahan ini memerlukan waktu proses, tunggu sampai 1 x 24 jam untuk memastikan proses ini benar-benar selesai.

Catatan

Silahkan coba-coba mengirim email dari SMTP domain bersangkutan sebelum 24jam untuk mengetahui apakah proses resolve sudah selesai atau belum. Karena biasanya proses itu bisa selesai lebih cepat dari seharusnya.

Semoga cara ini bisa membantu, karena jika email yang dikirim nyasar ke folder SPAM pelanggan / penerima akan merugikan kamu sebagai pengirim. Good Luck !

Jika masalah tidak terselesaikan, silahkan tanyakan pada hosting provider apakah mereka memberikan fitur SPF records anti spam untuk layanan hosting yang kamu beli. Jika ya, mintalah bantuan.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here