Layanan DNS Publik Cloudflare 1.1.1.1
Layanan DNS Publik Cloudflare 1.1.1.1

Menggunakan Layanan DNS Publik Cloudflare 1.1.1.1

Layanan DNS Publik Cloudflare 1.1.1.1 – Yaahh sudah melewati 2 hari Idul Fitri dan baru sekarang bisa posting untuk agan sekalian. Oia mohon maaf lahir dan bathin juga yaa gan.

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang layanan DNS Publik milik Cloudflare dengan alamat IP 1.1.1.1. Layanan Publik Cloudflare ini dirilis tepat pada tanggal 1 April 2018 lalu. Tepat pada April Mob yaa hahaha.

Yasudah kita akan membahasnya sekarang mengenai penjelasan dan cara menggunakan Layanan DNS publik Cloudflare 1.1.1.1 :

Overview Layanan DNS Publik Cloudflare 1.1.1.1

Cloudflare adalah layanan CDN dan Otoritatif yang GRATIS dan paling banyak digunakan, bahkan mempunyai 151 datacenter di seluruh dunia. Selain itu cloudflare juga mempunyai fungsi sebagai optimalisasi website/blog (self-host) seperti ssl, brotli, auto minify, http/2, rocket loader, dan lain-lain. Bagi para blogger atau yang berkecimpung dengan web sudah dipastikan bahwa layanan cloudflare ini sudah tidak asing lagi.

Baca : Shortener URL Yang Ramah dan Tanpa Iklan

Pada 1 April 2018 lalu Cloudflare merilis Layanan Resolver DNS nya yang beralamatkan 1.1.1.1 yang merupakan hasil kerjasamanya dengan APNIC. Layanan DNS publik milik Cloudflare ini telah diklaim memiliki query time yang tercepat bahkan lebih cepat dibandingkan dengan milik google dan Cisco OpenDNS/Umbrella, bisa dilihat pada DNSPerf.

Kegunaan

Apakah sudah ada yang tau apa itu Resolver DNS? yang pasti kegunaan DNS adalah resolve hostname baik dari domain ke alamat IP maupun sebaliknya. Resolve DNS ini yang menentukan query time disana untuk meresolve berapa lama waktu resolve hostname dengan DNS.

Bukan hanya itu saja, kualitas, privasi pengguna, serta penggunaan yang bebas blokir. Kadangkala Resolver DNS default dari ISP seringkali menyimpan data-data tentang apa yang diakses atau yang dilakukan oleh penggunanya. Ini bisa disebut dengan “PELANGGARAN PRIVASI”.

Akan tetapi milik Cloudflare ini berbeda, selain cepat, bebas blokir, dan GRATIS!!!, Cloudflare sangat menghargai privasi penggunanya. Mereka tidak merekam atau membuat log para penggunanya. Sebenarnya saya juga masih bingung dari mana mereka bisa meraup kentungan selain jual jasa. Yah walaupun tidak boleh su’uzon, saya tidak sepenuhnya juga percaya dari referensi yang saya dapat tentang penggunaan privasi.

Baca : Pasang Iklan Murah di Zoteromedia.com

Cara Menggunakannya

Nah ingin tahu bukan cara menggunakan Resolver DNS dari Cloudflare ini? Memang tidak begitu mudah seperti mengganti alamat DNS pada koneksi internet biasa, karena walaupun kita menggantinya dengan informasi :

  • Primary / General DNS : 1.1.1.1
  • Secondari / Alternate DNS Address : 1.0.0.1

Nyatanya? kita masih menggunakan resolver DNS default dari ISP.

Terus bagaimana cara menggunakannya donk?

Untuk pengguna windows dapat download dan install “Simple DNSCrypt“, lalu buka aplikasi -> Aktifkan -> Pilih Resolver Cloudflare -> pilih koneksi yang digunakan -> Selesai.

Untuk pengguna linux dapat menginstall “DNSCrypt Proxy“, install yang versi ke-2. Karena itu merupakan standar minimal penggunaan untuk DNS Cloudflare ini.

Untuk saat ini dulu, pada postingan selanjutnya saya akan membahas kelebihan serta kekurangan dari Layanan DNS Publik Cloudflare 1.1.1.1 ini. Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here