Cara Negosiasi Saat Ajukan KPR
Cara Negosiasi Saat Ajukan KPR

Bagaimana Cara Negosiasi Saat Ajukan KPR Kepada Bank?

MITABU.NET – Cara negosiasi saat ajukan KPR kepada bank ini merupakan tips yang dikutip dari rumah.com. Saat ini ada beberapa pihak bank yang menawarkan produk mereka untuk mengkreditkan pemilikan rumah atau yang disebut KPR dengan suku bunga yang relatif rendah. Dengan membeli rumah secara KPR, maka pembayaran yang melibatkan uang dalam jumlah besar bisa dicicil hingga belasan bahkan puluhan tahun, sehingga meringankan beban.

Baca juga : Cara Untuk Memulai Bisnis Sendiri Bagi Pemula Hingga Sukses

Fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah pinjaman yang bisa dimanfaatkan untuk membeli rumah tinggal atau sebagai investasi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Tapi anda tidak perlu takut, mengapa? karena sesungguhnya pihak bank membuka pintu negosiasi untuk para konsumennya. Maka dari itu mari kita simak beberapa tips / cara negosiasi saat ajukan KPR kepada bank berikut ini :

1 Negosiasi Harga Rumah

Yaapphh, sebagaimana proses jual beli, proses kredit merupakan hal yang penuh subjektif. Subjektif disini diartikan suatu hal yang bisa membuat proses menjadi panjang, misalnya anda membeli rumah bekas dengan harga 500 juta rupiah akan tetapi pihak dari beberapa bank yang mengajukan kredit bisa jadi menilai dengan nilai yang berbeda.

Perbedaan nilai tersebut bisa jadi disebabkan oleh rumus : “luas tanah x harga pasaran + luas bangunan x harga pasaran + harga strategis”

Yaa dengan rumus tersebut anda dapat menghitung sendiri nominal kisaran harga rumah yang akan anda beli. Jika rumah yang akan anda beli berada di daerah strategis seperti daerah perkotaan, ini merupakan suatu keuntungan untuk anda karena kelak harga rumah akan terdongkrak tinggi.

Akan tetapi jika perhitungan ini anda nilai kurang, maka silahkan melakukan perbandingan dengan bank terdekat untuk mendapatkan nilai yang sepadan. Lakukan tawar menawar dengan cermat dan sebaik mungkin.

2 Negosiasi Batas Kredit dan Jumlah Cicilan

Limit pinjaman / kredit yang akan diberikan pihak bank pun dapat dinegosiasikan. Sebagai contoh gaji si A 2 juta perbulan, akan tetapi dalam 1 tahun ada 18 kali gajian. Gaji si B 3 juta, tapi overtime bisa sampai 4 juta perbulan.

Jika sebuah bank menghitung limit kredit dari gaji terendah dalam satu tahun, maka tidak demikian dengan pihak bank lain. Beda bank berbeda hasil analisa.

3 Awali Negosiasi Dengan Riset

Direktur broker manson berkata, jika anda ingin bersaing dengan calon pembeli lainnya, maka lakukan persiapan yang matang. Yaitu konsultasikan dengan perencana keuangan mengenai jumlah pembiayaan KPR yang cocok untuk anda.

Selanjutnya kumpulkan uang muka yang harus diserahkan. Inilah langkah pertama yang mempermudah anda dalam pengajuan KPR dari pihak marketing maupun surveyor bank.

Hal lainnya yang bisa membantu anda dalam bernegosiasi adalah mengetahui kondisi pasar dimana properti tersebut berada. Sebelum anda melakukan survei lokasi, anda wajib melakukan riset harga jual terbaru di lokasi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here