Cara Memaksimalkan Kecepatan Loading Blog Website
Cara Memaksimalkan Kecepatan Loading Blog Website

Bagaimana Cara Memaksimalkan Kecepatan Loading Blog Website?

Mitabu.net – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara memaksimalkan kecepatan loading blog website yang kita miliki menurut pengalaman yang sudah-sudah saya lalui. Mempercepat kecepatan loading blog/website ini sendiri merupakan idaman bagi para setiap webmaster serta pengunjung yang mengunjungi blog/website tersebut.

Bagaimana tidak? blog/website yang cepat dapat membuat pengunjung senang dan betah berlama-lama. Blog/website yang cepat pula yang sangat mempengaruhi Search Engine Optimization (SEO). Dengan blog/website yang cepat yang mempengaruhi SEO tersebut, maka secara otomatis pula blog/website yang kita miliki akan berada pada ranking teratas dan prioritas dikunjungi banyak pengunjung. Paham? saya anggap saja paham 😀

Studi kasus kali ini menggunakan wordpress, tetapi dengan teori yang sama dapat pula diterapkan di berbagai platform. Berikut 4 faktor yang mempengaruhi atau yang membuat website anda menjadi cepat :

1 Minify

Minify adalah menghilangkan kode-kode yang tidak terpakai pada css, html, js, atau file lainnya yang ada pada website. Saya menggunakan dua plugin untuk mengatasi ini yaitu yang pertama adalah plugin W3TC dan yang kedua adalah plugin BWP-Minify.

Baca juga : Plugins WordPress Gratis Keren Yang Jarang Dipakai

BWP-Minify sendiri penggunaannya sangat mudah dan sederhana digunakan. Bagi pemula pun akan mudah memahami menggunakan plugin ini. Cukup install plugin ini lalu biarkan semua pengaturannya secara default, kecuali pengaturan yang sudah saya checklist dibawah ini :

  • Minify bloginfo() stylesheets?
  • Leave external files at their original positions?
  • Enable bubble CSS import?

Pada menu advanced options, aktifkanlah Enable friendly Minify urls. Disini saya menggunakan atau memakai CDN dan CDN Hostname. Maka saya juga mengaktifkan Enable CDN support.

2 WordPress Caching

WordPress Caching adalah metode untuk meningkatkan kecepatan loading website dengan cara menyimpan file yang sering diakses di tempat yang mudah diakses, sehingga untuk melakukan request tidak diperlukan lagi memanggil sumber awal.

Untuk caching di wordpress sendiri terdapat banyak plugin yang dapat kita manfaatkan, baik dari yang free maupun versi premium. Salah satu contoh plugin yang bisa kita gunakan yaitu W3TC seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Hyper Cache, Super Cache, WP Rocket, dan lain sebagainya.

Saya telah mencoba berbagai macam plugin cache untuk website ini, dan yang saya gunakan adalah W3TC. Saran dari saya adalah cari plugin cache terbaik untuk website anda, karena setiap blog/website akan memiliki hasil yang berbeda- beda.

3 CDN dan Railgun

CDN dan Railgun merupakan hal yang penting juga untuk meningkatkan kecepatan blog/website. CDN adalah metode yang digunakan untuk menyebarkan file statis ke berbagai server yang nanti file yang direquest oleh pengunjung akan di serving oleh server terdekat oleh pengunjung.

Pada tahap ini saya menggunakan CDN dari cloudflare. Cloudflare bisa anda gunakan dengan gratis maupun berbayar, tergantung bajet yang anda mampu gunakan. Untuk memanfaatkan fasilitas cloudflare ini kita harus mengganti NS domain dengan NS yang telah disediakan oleh pihak Cloudflare

Baca juga : Layanan DNS Publik Cloudflare 1.1.1.1

Caranya sangat mudah, kita hanya perlu daftar dan optimasi website yang kita inginkan seperti yang diperintahkan.

Cloudflare sendiri mempunyai senjata pamungkas untuk lain untuk mempercepat website kita, yaitu RailGun. RailGun adalah koneksi khusus antara server Cloudflare dengan server Optimized Hosting Partner. Koneksi ini akan diakselerasi dengan sangat cepat. Dan yang membuat menarik adalah Railgun bisa men-cache konten yang selama ini tidak mungkin di-cache. Yang artinya website dinamis pun bisa di-cache oleh Railgun.

Sayangnya untuk menggunakan Railgun tidaklah gratis, setidaknya anda diharuskan menjadi anggota Cloudflare Business untuk bisa memanfaatkan fungsi ini. Hanya beberapa penyedia hosting lah yang menyediakan penggunaan fungsi Railgun ini secara gratis.

Pihak Cloudflare berani mengklaim bahwa dengan teknologi compressing yang Railgun miliki mampu mengkompres halaman sampai dengan 99,66% dan mempercepat koneksi hingga 700%.

Semoga penulisan Cara Memaksimalkan Kecepatan Loading Blog Website ini berguna untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar dan bagikan tulisan ini ya 🙂

1 COMMENT

  1. Earlier short content used check out but today length among the content matters a whole lot.
    In fact, people in order to know what’s in it for consumers.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here